ABSTRAK
Fokus permasalahan
dalam penulisan ini adalah membahas tentang berbagai macam produk PT.Indofood.
Penulisan ini merupakan jenis penulisan metode deskriptif. Hasil
penulisan menunjukkan bahwa setiap produk mayora, memiliki beberapa varian yang
setiap produknya mempunyai unggulan yang di Indonesia menjadi pelopor dalam
kategorinya.
Kata Kunci: Biskuit,
Makanan Ringan, Kesehatan.
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Produk adalah sesuatu
yang dapat ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, dipakai, dimiliki, atau
dikonsumsikan sehingga dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan. Dari
pengertian ini dapat disimpulkan bahwa hampir semua yang termasuk produksi adalah benda nyata yang dapat dilihat, diraba, dan
dirasakan. Karena produk adalah benda ril, maka jenisnya cukup banyak. Secara
garis besar jenis-jenis produk bisa kita perinci menjadi dua jenis, yaitu
produk konsumsi dan produk industri. Produk konsumsi (consumer products) adalah barang
yang dipergunakan oleh konsumen akhir atau rumah tangga dengan maksud tidak
untuk dibisniskan atau dijual lagi. Barang-barang yang termasuk jenis produk
konsumsi ini antara lain sebagai berikut:
Barang kebutuhan
sehari-hari (convenience goods), yaitu barang yang umumnya sering kali dibeli,
segera dan memerlukan usaha yang sangat kecil untuk memilikinya, misalnya
barang kelontong, baterai, dan sebagainya.
Barang belanja
(shopping goods), yaitu barang yang dalam proses pembelian dibeli oleh konsumen
dengan cara membandingkan berdasarkan kesesuaian mutu, harga, dan model,
misalnya pakaian, sepatu, sabun, dan lain sebagainya.
Barang khusus
(speaciality goods), yaitu barang yang memiliki ciri-ciri unik atau merk kas
dimana kelompok konsumen berusaha untuk memiliki atau membelinya, misalnya
mobil, kamera, dan lain sebagainya.
Produk industri
(business products), adalah barang yang akan menjadi begitu luas dipergunakan
dalam program pengembangan pemasaran. Barang industri juga dapat dirinci lebih
lanjut jenisnya antara lain sebagai berikut.
Bahan mentah, yaitu
barang yang akan menjadi bahan baku secara fisik untuk memproduksi produk lain,
seperti hasil hutan, gandum, dan lain sebagainya.
Bahan baku dan suku
cadang pabrik, yaitu barang industri yang digunakan untuk suku cadang yang
aktual bagi produk lain, misalnya mesin, pasir, dan lain sebagainya.
Perbekalan
operasional, yaitu barang kebutuhan sehari-hari bagi sektor industri, misalnya
alat-alat kantor, dan lain-lain.
METODE PENULISAN
Jenis Penelitian
Jenis penelitian yang
digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian kualitatif dimana penulis
mendeskripsikan tentang berbagai macam produk yang diproduksi oleh PT.Indofood.
Teknik Pengumpulan
Data
Pengumpulan data pada
penulisan ini dilakukan dengan teknik menganalisa website PT.Indofood sebagai
bahan acuan refrensi.
Teknik Analisis Data
Pada penulisan ini
analisis data telah dilaksanakan bersamaan dengan proses pengumpulan data.
HASIL DAN PEMBAHASAN
Dari hasil yang
dilakukan oleh penulis pada pembahasan mengenai produk PT.Indofood maka penulis
telah mengetahui sejumlah produk PT.Indofood. Produk tersebut, diantaranya:
Biskuit
“Roma” adalah salah satu merek dagang hasil produksi Mayora yang telah melegenda. Setelah 4 dasawarsa, merek “Roma” tetap eksis dan terus berkembang. Selain dalam varian Marie dan Roma Kelapa, kini “Roma” juga hadir dalam berbagai varian produk diantaranya adalah Roma Slai O’lai, Roma Better Roma Muuch Better, Roma Sari Gandum, Roma Sari Gandum Sandwich dan sebagainya.
“Roma” adalah salah satu merek dagang hasil produksi Mayora yang telah melegenda. Setelah 4 dasawarsa, merek “Roma” tetap eksis dan terus berkembang. Selain dalam varian Marie dan Roma Kelapa, kini “Roma” juga hadir dalam berbagai varian produk diantaranya adalah Roma Slai O’lai, Roma Better Roma Muuch Better, Roma Sari Gandum, Roma Sari Gandum Sandwich dan sebagainya.
Kembang Gula
Tiga dasawarsa yang
lalu, PT. Indofood Indah membuat terobosan dengan meluncurkan “Kopiko” kembang
gula yang terbuat dari gula dan kopi asli. Kopiko merupakan pelopor dalam
varian permen kopi dengan tagline “Kopiko gantinya ngopi”. Saat ini “Kopiko”
telah dieksport kelima benua yang ada didunia.
Melalui kemasan “emoticon pack” kembang gula dengan merek dagang KIS yang diproduksi oleh Mayora menjalin ikatan yang kuat dengan para konsumen, terutama yang ingin menyampaikan perasaannya dengan kata kata yang tercetak pada kemasan KIS.
Merek dagang lain yang diproduksi Mayora divisi kembang gula adalah Kopiko Milko, Kopiko Cappuccino, Tamarin dan yang terbaru adalah “Juizy Milk”.
Melalui kemasan “emoticon pack” kembang gula dengan merek dagang KIS yang diproduksi oleh Mayora menjalin ikatan yang kuat dengan para konsumen, terutama yang ingin menyampaikan perasaannya dengan kata kata yang tercetak pada kemasan KIS.
Merek dagang lain yang diproduksi Mayora divisi kembang gula adalah Kopiko Milko, Kopiko Cappuccino, Tamarin dan yang terbaru adalah “Juizy Milk”.
Wafer & Coklat
Divisi wafer Mayora
memiliki beberapa produk unggulan yang di Indonesia menjadi pelopor dalam
kategorinya.
“beng beng’ merupakan wafer berlapis coklat hasil produksi Mayora yang menjadi pelopor dalam kategori wafer berlapis coklat dengan 4 kelezatan dalam setiap gigitannya karena berlapis karamel dan crispy.
“Astor” juga merupakan pelopor dalam kategori wafer roll.
Sementara “Roma wafer coklat” adalah eksistensi dari “Roma Superman” pada tahun 1970an
“Choki Choki” juga merupakan produk pelopor dalam kategori coklat pasta
Semua produk Cokelat Mayora terbuat dari cokelat asli sehingga menghasilkan produk berkualitas tinggi.
“beng beng’ merupakan wafer berlapis coklat hasil produksi Mayora yang menjadi pelopor dalam kategori wafer berlapis coklat dengan 4 kelezatan dalam setiap gigitannya karena berlapis karamel dan crispy.
“Astor” juga merupakan pelopor dalam kategori wafer roll.
Sementara “Roma wafer coklat” adalah eksistensi dari “Roma Superman” pada tahun 1970an
“Choki Choki” juga merupakan produk pelopor dalam kategori coklat pasta
Semua produk Cokelat Mayora terbuat dari cokelat asli sehingga menghasilkan produk berkualitas tinggi.
Kopi
Racikan yang pas
antara kopi dengan gula dengan merek dagang “Torabika Duo” yang diperkenalkan
kepada masyarakat diawal tahun1990an adalah salah satu inovasi kami yang
menjadi peliopor dibidang coffee mix. Disusul kemudian dengan Kopi Torabika Duo
susu yang hingga saat ini masih eksis dan semakin diterima oleh masyarakat.
Dalam perkembangannya, Torabika saat ini memiliki banyak varian produk diantaranya Torabika Jahe Susu, Torabika Duo Susu Full Cream, Torabika Moka, Torabika 3 in One, Torabika Diet, dan Torabika Cappuccino. Disamping itu juga ada kopi dengan merek dagang Kopiko Brown Coffee, Kopiko White Coffee, dan Kopiko White Mocca
Dalam perkembangannya, Torabika saat ini memiliki banyak varian produk diantaranya Torabika Jahe Susu, Torabika Duo Susu Full Cream, Torabika Moka, Torabika 3 in One, Torabika Diet, dan Torabika Cappuccino. Disamping itu juga ada kopi dengan merek dagang Kopiko Brown Coffee, Kopiko White Coffee, dan Kopiko White Mocca
Makanan Kesehatan
Sejak peluncuran
pertama, Energen ditargetkan untuk menjadi pemimpin pasar dalam kategori Cereal
Mix. berdasarkan data Nielsen Retail Audit YTD Sep 2011 pangsa pasar
Energen mencapai 93%.
Saat ini Energen Cereal hadir dengan 4 pilihan rasa yang dapat dipilih sesuai selera, yaitu Energen Vanila, Energen coklat, Energen kacang hijau dan Energen jahe.
Disamping itu, ada pula Energen Oat Milk dengan potongan buah pisang atau buah berry asli.
Varian Energen yang terbaru adalah Energen Go Fruit, campuran cereal dengan potongan buah asli dengan berbagai rasa yang dapat dipilih.
Saat ini Energen Cereal hadir dengan 4 pilihan rasa yang dapat dipilih sesuai selera, yaitu Energen Vanila, Energen coklat, Energen kacang hijau dan Energen jahe.
Disamping itu, ada pula Energen Oat Milk dengan potongan buah pisang atau buah berry asli.
Varian Energen yang terbaru adalah Energen Go Fruit, campuran cereal dengan potongan buah asli dengan berbagai rasa yang dapat dipilih.
Torabika Cafe &
Corner
Torabika Cafe &
Pojok berdedikasi bagi pecinta kopi yang selalu dapat dinikmati oleh penikmat
kopi.
KESIMPULAN
Berdasarkan analisis
data di atas maka penulis dapat menyimpulkan bahwa PT.Mayora Indah mempunyai
berbagai macam produk makanan yang sudah familiar dikalangan masyarakat. Produk
– produk yang dihasilkan oleh PT.Mayora Indah terbukti sangat sukses bersaing
dipasaran dengan Produk sejenis. Produk yang dihasilkan menjadi pilihan makanan
untuk keluarga sambil bersantai.
SARAN
Untuk PT.Mayora Indah
harus selalu berinofasi dengan berbagai produk yang lebih banyak variannya.
Untuk menarik konsumen agar selalu menjadi pilihan keluarga.
Daftar Pustaka
http://www.pengertianahli.com/2014/05/pengertian-produk-dan-jenis-produk.html#_
Tidak ada komentar:
Posting Komentar